Mempercepat Loading Blog dan Iklan dengan Lazy Load AdSense



GAPURA.NET - Mempercepat Loading Blog dan Iklan dengan Lazy Load AdSense.
Sebelumnya saya agak sedikit cuek dengan Lazyload Adsense atau Mempercepat Loading Blog dan Iklan dengan Lazy Load AdSense yang di bahas di beberapa blog terkenal seperti arlina dan yang lain, karena dulu saya belum memiliki banyak visitor sehingga tidak banyak komplain dari pengunjung. Beberapa minggu yang lalu saya di kagetkan dengan kecepatan blog lama saya di PageSpeed Insights Google menurun menjadi 50% dan banyak juga vsitor saya komplain ke saya dan menyarankan agar saya Mempercepat Loading Blog dan Iklan dengan Lazy Load AdSense. Hal ini tentu saja membuat saya khawatir, karena kecepatan dan skor adsense merupakan salah satu penentu banyaknya pengunjung dalam blog kita.

Google Adsense


Bagi seorang blogger pasti sudah sangat tidak asig dengan program google yang bernama Google Adsense ini. Bagi sebagian besar kalangan Blogger Google adsense merupakan sumber penghasilan bagi seorang blogger-blogger sukses di seluruh penjuru dunia, Google adsense merupakan salah satu alasan untuk tetap terus menjadi publisher blogger untuk memberikan konten yang menarik dan mudah dipahami bagi para pembaca, berbagi ilmu, mebagikan apa yang orang lain belum mengetahui.

Namun disisi lain Iklan dalam Google Adsense membuat kecepatan memuat data blog kita menjadi lebih lambat. Saat suatu blog atau website di pasang iklan adsense maka proses loadingnya blog kita akan menjadi lebih lama dan memakan banyak waktu, dikarenakan proses memuat konten adsense seperti gambar, teks atau animasi dapat berukuran kurang lebih sekitar 120KB hanya untuk 1 iklan saja, bayang jika kita memasangnya 5 konten iklan atau lebih maka akan membuat skor PageSpeed Insights kita menjadi lebih turun dan memakan waktu lebih lama dalam memuat satu konten artikel, maka dari itu kita harus memecahkan solusi itu dengan Mempercepat Loading Blog dan Iklan dengan Lazy Load AdSense.

Mempercepat Loading Blog dan Iklan dengan Lazy Load AdSense


Kebanyakan pengunjung suatu blog lebih memilih mengunjungi suatu situ yang kecepatan memuat datanya tidak memakan waktu lama, kita bisa lihat banyak sekali blog yang artikelnya berkualitas akan tetapi sepi pengunjung karena loadingnya sangat lama, terutama saya sendiri saya lebih memilih mencari dam melihat-lihat suatu blog yang memuat datanya lebih cepat dan tidak banyak memakan banyak data internet. Untuk itu saya akan membagikan tutorial mempercepat loading blog agar dapat menaikkan skor pagespeed insights dengan lazy load adsense. Trik dan solusi ini adalah wajib kita lakukan jika kita ingin pengunjung kita betah ddengan kualitas artikel didalam blog kita.

Tutorial Cara Mempercepat Loading Blog dengan Lazy Load Adsense

1. Buka Blogger anda > Pilih menu Tema > Pilih Edit HTML kemudian tambahkan kode ini tepat berada di atas </body> atau &lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt;

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
// Lazy Load AdSense
var lazyadsense=!1;window.addEventListener("scroll",function(){(0!=document.documentElement.scrollTop&&!1===lazyadsense||0!=document.body.scrollTop&&!1===lazyadsense)&&(!function(){var e=document.createElement("script");e.type="text/javascript",e.async=!0,e.src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js";var a=document.getElementsByTagName("script")[0];a.parentNode.insertBefore(e,a)}(),lazyadsense=!0)},!0);
//]]>
</script>

2. Kemudian pilih Simpan Tema

3. Untuk mengaktifkannya hapus terlebih dahulu kode adsense anda yang ini pada widget dalam template anda, misalnya seperti ini:

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>

4. maka hasilnya akan seperti ini, contohnya:

<!-- Nama-Ads -->
<ins class="adXXX"
style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-00XXXX"
data-ad-slot="00XXXX"
data-ad-format="auto"
data-full-width-responsive="true"></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>

kemudian cek PageSpeed Insights Google anda maka skoprnya akan lebih tinggi contohnya seperti blog lama saya ini:






Jika sudah, lihatlah hasilnya di blog anda, tampilan artikel terlebih dahulu akan muncul kemudian dilanjutkan dengan konten adsense. Untuk pengaruh pendapatan adsense juga saya belum tau, karena masalah ini baru saya alami dan pertama kali saya mencobanya maka kita lihat saja seperti apa hasilnya nanti. Tetapi jika anda masih ragu anda bisa menghilangkan kode tersebut, karena saya sendiri lebih mementingkan dan memprioritaskan kecepatan dan kualitas blog jadi saya tetap memasang Lazy Load AdSense tersebut. Untuk Blog AMP sendiri saya juga kurang tau apakah harus diterapkan atau tidak karena blog AMP sudah mempunyai kode tersendiri.

Kesimpulan:


Demikianlah Tutorial Cara Mempercepat Loading Blog dan Iklan dengan Lazy Load AdSense, jika ada sesuatu yang ingin di tanyakan dan kurang dipahami silahkan ke kolom komentar dibawah, terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mempercepat Loading Blog dan Iklan dengan Lazy Load AdSense"

Post a Comment